[pgp_title]

Alasan Mengapa Kita Patut Kian Mencintai Indonesia

Di postingan ini kami akan bahas mengenai Alasan Mengapa Kita Patut Kian Mencintai Indonesia. Berikut ini empat fakta luar biasa terkait dengan bahasa Indonesia. Sebagai putra-putri Indonesia, kita bisa bangga dengan bahasa Indonesia.

a. Bahasa Indonesia di luar negeri

Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua buat warga Ho Chi Minh yang merupakan ibu kota Vietnam. Di Australia, bahasa Indonesia telah menjadi bahasa standar keempat.

b. Bahasa Indonesia di dunia maya

Bahasa Indonesia juga mendunia di dunia maya. Tandanya, Wikipedia berbahasa Indonesia mendiami peringkat ke-26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia dan peringkat ke-3 di Asia sehabis bahasa Jepang dan Mandarin. Di samping itu, bahasa Indonesia jadi bahasa ranking ketiga yang sangat banyak dimanfaatkan dalam artikel di WordPress.

c. Peringkat bahasa Indonesia di dunia

Bahasa Indonesia mendiami ranking ke-3 dalam bahasa terumit di Asia dan ranking ke-26 di dunia. Peringkat lima besar bahasa tersukar di dunia ialah bahasa Ibrani (bahasa bani Israel), bahasa Yunani, bahasa Latin, bahasa Jepang dan bahasa Korea.

d. Bahasa Indonesia juga dipelajari di mancanegara

Saat ini terdapat 45 negara yang mengajarkan bahasa Indonesia di antaranya Australia, Amerika, Kanada, dan Vietnam. Di Australia tersedia sekitar 500 sekolah yang mengajarkan bahasa Indonesia. Bahkan anak-anak kelas enam SD telah dapat berbahasa Indonesia.

Alasan Mengapa Kita Patut Kian Mencintai Indonesia

Alasan Mengapa Kita Patut Kian Mencintai Indonesia

Fakta nyata di Dunia ada banyak macamnya. Di Indonesia fakta ada banyak fakta yang nyata selain Bahasa Indonesia yang fenomenal. Berikut ini 24 fakta eksotis tetapi aktual berkenaan dengan Indonesia yakni :

  1. Indonesia yaitu negara gugusan pulau terbesar di dunia yang terdiri dari 17.508 pulau. Namun, cuma lebih kurang 6 ribu pulau yang ditinggali.
  2. Tiga dari sepuluh pulau terbesar di dunia terdapat di Indonesia, yaitu Sumatra, Kalimantan dan Papua. Pulau paling besar di Indonesia yakni Sumatra.
  3. Dengan rakyat sekitar 230 juta orang, Indonesia yakni negara keempat paling padat di dunia.
  4. Rakyat di Indonesia di tahun 2035 kira-kira mencapai 315 juta jiwa.
  5. Indonesia adalah rumah bagi komodo (Varanus komodoensis) yang merupakan kadal terbesar di dunia. –> Alasan Mengapa Kita Patut Kian Mencintai Indonesia
  6. Indonesia pun bagaikan habitat bagi badak Jawa, yang gak ditemukan di tempat lain di dunia.
  7. Terdapat 316 suku di Indonesia yang berucap dengan 670 aksen.
  8. Indonesia punya banyak gunung paling tinggi. Puncak paling tinggi di Indonesia ialah Puncak Jaya (5.030 m) di dataran tinggi Papua.
  9. Gempa bumi dan letupan gunung berapi kadang-kadang berlangsung di Indonesia. Kurang lebih 400 gunung berapi aktif ada di Indonesia dan kejadian lebih kurang tiga guncangan di bumi dalam sehari.
  10. Indonesia berkedudukan pada wilayah tropis dan memiliki kelembapan umumnya sekitar 70% dan 90 persen. –> Alasan Mengapa Kita Patut Kian Mencintai Indonesia
  11. Letupan Gunung Tambora di Pulau Sumbawa pada tahun 1815 yakni ledakan gunung berapi sangat kuat yang terdaftar dalam sejarah. Pengaruh letupan itu, tahun 1816 disebut sebagai “tahun tanpa musim panas” sebab letupannya berimbas pada iklim global.
  12. Pada tahun 1883 pulau vulkanik Krakatau dihancurkan oleh letusan gunung berapi. Masalah ini menghasilkan gelombang pasang yang membinasakan lebih dari 30.000 orang.
  13. Indonesia adalah bagian dari Cincin Api (Ring of Fire) dunia. Disebut Cincin Api sebab merupakan barisan gunung api mulai dari Alaska melalui Amerika Serikat, Meksiko dan Amerika Selatan, lantas ke Selandia Baru, Indonesia dan sampai ke Jepang dan Rusia. Cincin api ini mencakup 75 persen dari seluruh gunung berapi di dunia.
  14. Pada awal 1890 Eugene Dubois mendapatkan tengkorak dan tulang paha dari Homo erectus di Jawa Timur. Dubois lalu memperkenalkan penemuannya berkaitan dengan “Manusia Jawa” di tahun 1894 dan menyatakan bahwa Homo erectus ialah leluhur manusia modern.
  15. Situs Sangiran masuk dalam Daftar Warisan Dunia sebagai area temuan nenek moyang pertama manusia yang diprediksi sudah ada dari 1,5 juta tahun yang lalu. Kira-kira, setengah dari sisa purba hominid di dunia terdapat di sangiran. –> Alasan Mengapa Kita Patut Kian Mencintai Indonesia
  16. Marco Polo ialah salah satu orang Eropa pertama yang menyambangi Indonesia. Bangsa Eropa datang ke Indonesia guna mencari rempah-rempah yang merupakan komoditas sangat bernilai di Eropa.
  17. Indonesia yaitu salah satu produsen pala paling besar di dunia.
  18. Di tahun 1975, Timor Timur memperoleh kedaulatan dari Portugis dan masuk Indonesia di tahun 1976. Timor Timur lalu menetapkan jadi negara merdeka pada tahun 1999, akan tetapi baru pada tahun 2002 Timor Timur mendapatkan kedaulatannya kembali.
  19. Di tanggal 26 Desember 2004 terjadi goncangan di bawah laut di dekat Aceh dengan kekuatan 8,9 SR. Tsunami yang ditimbulkannya mengakibatkan banjir dan kehancuran di Indonesia, Malaysia, Myanmar, Thailand, Bangladesh, India, Maladewa, Seychelles, Sri Lanka dan pantai Afrika bagian Timur (Kenya dan Somalia).
  20. Nama Indonesia diciptakan dari bahasa Latin yakni Indus yang artinya India dan bahasa Yunani yakni nesos yang artinya pulau. Nama Indonesia jadi populer di tahun 1900. –> Alasan Mengapa Kita Patut Kian Mencintai Indonesia
  21. Indonesia diketahui sebagai negara dengan penganut Islam paling besar sekitar 87% dari rakyatnya yakni muslim.
  22. Indonesia mendiami peringkat ke-16 negara terbesar berdasarkan total luas lahan.
  23. Sumatra yaitu pulau terbesar ke-6 di dunia dan juga pulau paling tinggi kelima di dunia.
  24. Jakarta menempati ranking 11 dalam perihal kota berpenghuni paling padat di dunia.

Demikian informasi terkait dengan Alasan Mengapa Kita Patut Kian Mencintai Indonesia, kami harap artikel ini berguna buat kawan-kawan. Tolong postingan ini dishare agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.