Hiu Predator Terbesar di Dunia dan Faktanya

Hiu Predator Terbesar di Dunia dan Faktanya

Hiu Predator Terbesar di Dunia dan Faktanya – Hiu putih raksasa terkenal sebagai predator terbesar di muka Bumi. Hiu ini dapat tumbuh dengan panjang lebih dari 6 meter dan berat sekitar 1,8 ton. Hiu putih raksasa terbesar yang pernah ditangkap terjadi di New Brunswick, Kanada, pada tahun 1930 sepanjang 11,2 meter dan berbobot 10,9 ton.

Hiu Predator Terbesar di Dunia dan Faktanya

Hiu putih raksasa memiliki tujuh indra. Dua indra di antaranya tidak banyak dimiliki hewan lain. Salah satunya adalah sebuah katup kecil di kepala hiu yang dapat mengindra listrik. Indra ini membantunya menemukan mangsa yang tersembunyi di dalam pasir. Indra lainnya berfungsi merasakan getaran yang sangat lemah yang dihasilkan hewan lain.

Penciuman merupakan indra yanq paling tajam. Hal ini wajar karena dua pertiga otaknya digunakan untuk mencium. Tak heran jika hiu putih raksasa ini mampu mendeteksi setetes darah dalam 100 liter air laut dan jarak 5 kilometer.

Dengan tujuh indra yang dimilikinya, hiu putih raksasa sukses menjadi predator yang sangat ulung. Selain itu, di dalam rongga mulutnya terdapat 3.000 gigi yang berbentuk segitiga seperti gergaji.

Megalodon, Hiu Terbesar di Dunia

Megalodon adalah spesies ikan hiu purba raksasa yang hidup sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun lalu. Hiu ini berukuran lebih besar daripada sebuah kapal pesiar, panjangnya 18 meter dengan berat 100 ton. Namanya sendiri berarti “gigi yang besar”. Nama ini disandang karena megalodon memiliki Iebih dari 100 gigi dan setiap giginya bisa berukuran 18 cm!!!

Hewan ini termasuk jenis hiu perairan dalam yang jarang naik ke permukaan, kecuali untuk mencari mangsa. Makanan megalodon adalah ikan paus, lumba lumba, penyu, dan hewan laut lainnya.

Salah satu penyebab kepunahannya diduga karena berkurangnya populasi paus yang merupakan makanan utama hiu terbesar ini. Ada juga yang menduga, megalodon tidak mampu bertahan hidup pada zaman es (ice age).

Isu yang tersebar, meski hiu ini belum pernah ditemukan dalam keadaan hidup, banyak di antara kalangan ilmuwan berpendapat bahwa hiu ini masih hidup. Keturunan dekat hiu ini adalah hiu putih raksasa.

Fakta Unik tentang Hiu

  • Hiu Swell dalam akuarium mampu bertahan 15 bulan tanpa makan.
  • Hiu bisa mendeteksi setetes darah dalam jarak 1,6 kilometer.
  • Gigitan hiu sangat kuat. Kekuatannya mencapai 18 ton per inci persegi.
  • Hiu paling besar yang masih hidup saat ini adalah hiu paus (Rhicondon typus). Panjangnya bisa mencapai 13 meter dan berat 15 ton.
  • Hiu terkecil adalah hiu lentera katai (Etmopterus perryi) yang panjangnya hanya 20 sentimeter.
  • Sirip berduri dari hiu dogfish kadang-kadang digunakan sebagai amplas kayu.
  • Hiu lemon menumbuhkan sekitar 24.000 gigi baru setiap tahun. Satu set gigi baru tumbuh kira-kira setiap 14 hari.
  • Ketika bayi hiu lahir, mereka segera berenang menjauh dari induknya dan bertahan hidup sendiri. Justru sang induk melihat anak-anaknya sebagai mangsa.
  • Orang lebih banyak mati karena memakan daging hiu ketimbang dimangsa hiu. Hal ini disebabkan adanya racun dalam daging ikan hiu.
  • Hiu telah bertahan hidup di Bumi sekitar 400 juta tahun.

Demikian info tentang Hiu Predator Terbesar di Dunia dan Faktanya semoga bermanfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.