Jenis Jamur yang Bisa Dikonsumsi atau Dimakan

Jenis Jamur yang Bisa Dikonsumsi atau Dimakan

Jenis Jamur yang Bisa Dikonsumsi atau Dimakan – Saat ini, sebagian besar jamur yang dibudidayakan masyarakat adalah jamur yang bermanfaat, khususnya yang bisa dimakan atau dimanfaatkan sebagai obat. Berikut ini macam-macam jamur yang biasa dimanfaatkan manusia.

Jenis Jamur yang Bisa Dikonsumsi atau Dimakan

Jamur tiram (Pleurotus sp)

Dinamai demikian karena memiliki bentuk tubuh yang menyerupai cangkang kerang atau tiram dengan bagian tepi bergelombang. Jamur tiram merupakan jamur konsumsi yang paling sering dimanfaatkan menjadi aneka makanan olahan jamur. Biasanya, jamur tiram diolah menjadi sate jamur, keripik jamur tiram, gule jamur, atau jamur crispy.

Jamur kuping (Auricularia sp)

Jamur ini memiliki kandungan protein, mineral, dan vitamin yang cukup tinggi serta bebas kolesterol. Jamur kuping sering dimanfaatkan sebagai campuran sup jamur, sayur kimlo, keripik jamur, nasi goreng jamur, tauco jamur, sukiyaki, dan bakmi jamur dengan cita rasa yang sangat lezat. Selain itu, jamur kuping hitam juga dimanfaatkan sebagai obat sakit jantung, penurun kolesterol, antipengentalan darah, dan antipendarahan.

Jamur shitake (Lentinus sp)

Jamur ini sering disebut dengan Chinese black mushroom. Jamur Jenis Ini bisa tumbuh di gelondongan kayu atau media berupa serbuk gergaji kayu. Jamur shitake dimanfaatkan sebagai sayur lalapan atau dimasak menjadi aneka makanan olahan Jamur. Selain itu, jamur shitake juga dimanfaatkan sebagai Obat anti-kanker.

Jamur lingzhi (Ganoderma sp)

Jamur ini dikenal masyarakat sebagaj jamur obat. Bahkan, saat ini Jamur yang memiliki bentuk seperti kipas ini disebut sebagai raja obat dari jamur karena khasiatnya dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.

Jamur maitake (Grifola sp)

Jamur ini sangat mirip jengger ayam sehingga sering disebut hens of the wood (ayam betina dari kayu). Seperti halnya jamur lingzhi, jamur maitake juga dikenal masyarakat sebagai bahan obat. Jamur ini dipercaya memiliki kemampuan sebagai anti-kanker dan anti-HIV.

Jamur merang (Volvariella sp)

Jamur ini biasanya tumbuh ditumpukan jerami yang membusuk pada saat musim panen padi berlangsung. Jamur merang dimanfaatkan masyarakat menjadi aneka macam masakan, seperti sup jamur, tumis jamur, atau sate jamun

Jamur kancing (Agaricus sp)

Bentuk jamur ini sekilas sangat mirip dengan jamur merang. Perbedaannya, pada batang jamur kancing terdapat bentuk yang menyerupai cincin dan memiliki warna putih bersih. Rasanya yang nikmat membuat jamur kancing digemari sebagai bahan campuran dalam suatu masakan.

Fakta tentang jamur yang dapat dimakan yaitu :

  • Di Amerika Utara diperkirakan ada sekitar 10.000 spesies jamur, namun hanya 250 spesies yang dapat dimakan.
  • Jamur truffle adalah jamur termahal di dunia yang tumbuh di akar pohon. Banyak orang berani membayar tinggi untuk menikmati rasanya yang enak. Pada Desember 2007, sebuah truffe terjual dengan harga 330.000 dolar AS. Untuk mencari jamur ini, orang menggunakan babi atau anjing untuk menemukannya.
  • Bangsa Mesir Kuno meyakini jamur adalah tanaman keabadian. Fir’aun bahkan memerintahkan menjadikan jamur sebagai makanan kerajaan dan melarang rakyat jelata menyentuh, apalagi memakannya.

Demikian info tentang Jenis Jamur yang Bisa Dikonsumsi atau Dimakan semoga bermanfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.