Jenis Kopi yang Paling Laris dan Harganya Selangit

Jenis Kopi yang Paling Laris dan Harganya Selangit

Jenis Kopi yang Paling Laris dan Harganya Selangit – Meski di seluruh dunia terdapat sekitar 70 spesies pohon kopi, dari yang berukuran seperti semak belukar hingga pohon dengan tinggi 12 meter, hanya dua spesies pohon kopi yang dikenal sebagai penghasil kopi. Kedua spesies ini menguasai 98 persen produksi kopi dunia.

Jenis Kopi yang Paling Laris dan Harganya Selangit

Kopi yang pertama kali dikembangkan di dunia adalah kopi arabika yang berasal dari spesies Coffea arabica. Kopi jenis ini yang paling banyak diproduksi, yaitu lebih dari 60 persen produksi kopi dunia, dan merupakan jenis kopi terbaik. Pohon kopi ini biasanya tumbuh di daerah dataran tinggi. Tinggi pohon bisa mencapai 6 meter. Kopi arabika memiliki kandungan kafein tidak lebih dari 1,5 persen.

Spesies kedua adalah Coffea canephora, yang sering dikenal sebagai kopi robusta. Tinggi pohon dapat mencapai 12 meter dan dapat ditanam di daerah yang lebih rendah dibanding kopi arabika. Kopi robusta biasanya digunakan sebagai kopi instan atau cepat saji. Kopi robusta memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi, rasa lebih netral, serta aroma yang lebih kuat. Kandungan kafein pada kopi robusta mencapai 2,8 persen. Produksi kopi robusta saat ini mencapai sepertiga produksi kopi seluruh dunia.

Kopi Luwak, Menjijikan namun Harganya Selangit

Kopi luwak asal Indonesia ini memang sudah go-internasional, bahkan disebut-sebut sebagai kopi termahal dan teraneh di dunia. Rasanya yang berbeda dan sangat spesial di kalangan penggemar dan penikmat kopi menjadi ciri khas kopi ini.

Prosesnya pembuatan kopi luwak memang cukup panjang. Buah kopi yang telah benar-benar matang akan disantap oleh luwak (Viverridae). Hewan ini sangat selektif memilih buah kopi yang akan dimakannya. Luwak hanya akan mencerna daging buah, sementara bijinya tetap utuh saat dikeluarkan kembali dalam bentuk kotoran (feces).

Nah, biji kopi yang telah tercampur dalam feces luwak itu kemudian dipisahkan, lalu dikumpulkan, dibersihkan, dan dijemur. Setelah kering, jadilah biji kopi Iuwak yang terkenal mahal itu.

Secara fisik, biji kopi luwak dan kopi Iain bisa dibedakan dari warna dan aromanya. Biji kopi luwak berwarna kekuningan dan wangi, sedangkan biji kopi biasa berwarna hijau dan kurang harum.

Demikian info tentang Jenis Kopi yang Paling Laris dan Harganya Selangit semoga bermanfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.