Misteri Warna Merah pada Tomat

Misteri Warna Merah pada Tomat

Misteri Warna Merah pada Tomat – Warna merah pada tomat ternyata mempunyai nilai lebih dibandingkan buah Iainnya. Warna merah ini disebabkan kandungan lycopene yang banyak pada tomat. Lycopene adalah zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi, dan sinar ultraviolet. Selain itu, belakangan diketahui bahwa lycopene juga berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut, dan kanker pankreas.

Misteri Warna Merah pada Tomat

Lycopene tidak hanya ditemukan pada tomat, tetapi juga pada anggur merah, semangka, pepaya, dan buah berwarna merah Iainnya. Namun, kandungan lycopene paling banyak terdapat pada tomat.

Untuk mendapatkan khasiatnya, terutama untuk orang dewasa, tomat sebaiknya dimakan setiap pagi sebanyak satu atau dua buah. Rasa asam pada tomat yang berasal dari kandungan asam sitrat menyebabkan buah ini terasa segar sehingga dapat menambah nafsu makan. Rasa asam ini sangat baik dikonsumsi saat kita mual.

Tomat yang Diolah Lebih Bermanfaat

Kebanyakan sayuran akan Iebih bermanfaat bagi tubuh jika dimakan mentah-mentah. Ini berbeda dengan tomat. Tomat justru lebih baik bila dicampur dengan masakan atau dihancurkan sebelum dimakan. Para peneliti menemukan bahwa tomat yang diolah terlebih dahulu akan mengeluarkan lycopene lebih banyak dibandingkan tomat yang langsung dimakan.

Sayangnya, meskipun kandungan lycopene-nya berlimpah, pasta tomat dan saus tomat yang dijual di pasaran sudah banyak dibubuhi bahan tambahan makanan, seperti pewarna atau pengawet. Bahan tambahan ini justru merangsang munculnya banyak radikal bebas yang dapat memicu kanker.

Fakta Unik tentang Tomat

  • Ketika tomat diperkenalkan ke Eropa pada tahun 1500-an, orang Prancis menyebutnya “apel cinta”. Hal ini disebabkan bentuk buahnya yang memang mirip dengan hati. Sementara itu, orang Jerman menyebutnya “apel Surga”.
  • Saat ini, Cina adalah produsen tomat terbesar, diikuti Amerika Serikat, Turki, India, dan Mesir. Cina menyumbang sekitar 16% dari seluruh tomat yang tumbuh di seluruh dunia.
  • Banyak orang tidak menyadari bahwa tomat sebenarnya adalah buah, bukan sayuran. meski tergolong sebagai buah, tomat memiliki nutrisi yang ditemukan di sayuran dan buah.
  • Studi menunjukkan bahwa memakan tomat dan produk-produknya dapat memberikan perlindungan bagi kulit terhadap sengatan matahari atau radiasi ultraviolet.
  • Tomat terberat di dunia memiliki bobot 3,51 kg. Tomat ini ditanam oleh Gordon Graham dari Oklahoma pada tahun 1986. Gordon mengiris tomat tersebut untuk membuat sandwich bagi 21 anggota keluarganya.
  • Menurut Guinness Book of World Records, pohon tomat terbesar yang tumbuh di rumah kaca Walt Disney World Resort, Beijing, Cina, memanen lebih dari 32.000 tomat, yang totalnya mencapai berat 522 kg.
  • Saus tomat ternyata dapat digunakan untuk membersihkan benda apa pun yang terbuat dari tembaga. Kandungan garam dan keasaman saus tomat membantu menghilangkan oksida tembaga sehingga logarn tampak mengilap seperti baru.
  • Pada tahun 1600-an, masyarakat Inggris menganggap tomat itu beracun. Namun, tidak sampai pertengahan tahun 1700, tomat sudah menjadi bahan makanan penting di Inggris.
  • Mandi dengan jus tomat merupakan cara terbaik untuk menghilangkan bau akibat semprotan sigung.
  • Cara terbaik mempercepat pematangan tomat adalah dengan menempatkannya di samping apel atau pisang. Hal ini karena apel dan pisang mengeluarkan gas etilen yang dapat mempercepat proses pematangan buah.
  • Setidaknya ada 10.000 varietas tomat (dari yang berukuran kecil sebesar kelereng hingga ponderosa yang beratnya mencapai 1,3 kilogram).
  • Spesies tomat terkecil berdiameter kurang dari 2 sentimeter. Ada yang berwarna kuning dan merah.
  • Bagian seperti agar-agar di sekitar biji tomat mengandung vitamin C tertinggi.
  • Satu tanaman tomat dapat menghasilkan 15 buah tomat dalam satu musim.
  • Mengonsumsi tomat dapat menjaga kesehatan mata dan kulit karena mengandung vitamin A dan C. Tomat juga merupakan sumber serat, kalium, zat besi, fosfor, dan vitamin B, serta tidak mengandung kolesterol.
  • Tomat berwarna merah mengandung vitamin C dan vitamin A lima kali lebih banyak dibandingkan dengan tomat hijau.
  • Tomat pada awalnya tumbuh sebagai tanaman liar Pegunungan Andes, Amerika Selatan. Buahnya berukuran seperti ceri.
  • Walaupun buah tomat benar-benar aman dan sehat untuk dikonsumsi, daunnya ternyata beracun.

Demikian info tentang Misteri Warna Merah pada Tomat semoga bermanfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.