Mitos tentang Es Krim dan Faktanya

Mitos tentang Es Krim dan Faktanya

Mitos tentang Es Krim dan Faktanya – Di balik kelembutan dan rasa manisnya, es krim terbukti memiliki beberapa fakta gizi yang tak terduga. Keunggulan es krim didukung bahan baku utamanya, yaitu susu tanpa lemak dan lemak susu. Bahan lain yang turut menyusun es krim adalah gula, pengemulsi, dan penstabil. Jenis gula yang sering dipakai adalah sukrosa, berfungsi memperbaiki tekstur, meningkatkan kekentalan, dan memberi rasa manis.

Mitos tentang Es Krim dan Faktanya

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, ada beberapa fakta di balik mitos tentang es krim.

1. Dengan alasan takut bobot tubuh janin menjadi besar, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi es krim

Faktanya: Es krim adalah makanan yang dikonsumsi sebagai kudapan. ltu sebabnya, es krim tidak akan menambah energi terlalu banyak jika dikonsumsi secara wajar. Jumlah konsumsi es krim yang wajar untuk ibu hamil adalah dua hingga tiga cangkir per minggu.

2. Es krim menyebabkan batuk dan pilek

Faktanya: Es krim cepat meleleh saat masuk ke dalam rongga mulut karena pengaruh suhu tubuh. Jadi, saat es krim masuk ke kerongkongan, suhunya sudah tidak sedingin air es. Penyebab utama batuk dan pilek adalah virus dan alergen pada anak-anak yang mempunyai sifat alergi bawaan.

3. Es krim penyebab kegemukan

Faktanya: Kegemukan disebabkan energi dan lemak yang berlebihan serta kurang aktivitas fisik. Sementara itu, kontribusi energi dan lemak dalam es krim per takaran saji sangat kecil, yaitu sekitar 10% dari kebutuhan energi per hari dan 15% dari kebutuhan lemak per hari.

4. Es krim menyebabkan gigi berlubang

Faktanya: Gigi berlubang disebabkan fermentasi sisa karbohidrat dan gula yang tertinggal pada gigi. Oleh karena itu, dianjurkan minum air putih, berkumur, atau menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan manis, es krim.

Fakta tentang Es Krim

  • Bentuk awal es krim diyakini sudah ditemukan di Cina pada tahun 200 SM
  • Pada abad ke-1, Kaisar Nero dari Romawi memerintahkan budaknya untuk mengumpulkan salju dan es guna membuat es krim yang dicampur dengan perasa tertentu.
  • Toko es krim pertama di Amerika Serikat dibuka di Kota New York pada tahun 1776.
  • Diperlukan 12 galon susu untuk membuat 1 galon es krim.
  • Amerika Serikat adalah negara yang mengembangkan es krim buatan rumah pertama kali setelah freezer diciptakan pada tahun 1845.
  • Orang Amerika Serikat adalah konsumen terbesar es krim dengan jumlah mencapai 23 liter per orang per tahun. Kedua terbesar adalah Australia dengan kisaran 18 liter per orang per tahun.
  • Es krim stik dan yang berbentuk batangan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1920.
  • Di Pulau Ellis, Amerika Serikat, es krim dihidangkan untuk menyambut imigran.
  • Udara adalah bahan penyusun es krim yang sangat penting untuk menjaga kelembutan es krim.
  • Presiden Ronald Reagan menetapkan bulan Juli sebagai bulan es krim nasional di Amerika Serikat.
  • Sebelum mesin pendingin diciptakan, es krim adalah sebuah makanan mewah yang disediakan untuk acara-acara khusus.
  • Es krim cone ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1904. Saat itu, pembuat es krim tidak memiliki piring yang cukup untuk suatu perayaan. la pun bekerja sama dengan pembuat wafel yang kemudian menggulung wafel tersebut membentuk kerucut.
  • Es krim sundae terbesar menurut Guinness World Of Records dibuat oleh Palm Daries, Ltd. pada tahun 1988 di Alberta, Kanada, dengan berat 24,9 ton.
  • Es krim kue terbesar di dunia yang memiliki berat hampir 5,5 ton dibuat oleh Carvel Ice Cream Company untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-70 pada 25 Mei 2004.
  • Es krim berbentuk piramida terbesar dibangun dari 3.894 sekop es krim dan memiliki berat 455 kilogram. Es krim ini dibuat oleh Carvel Ice Cream Company pada 20 Agustus 2002 Butuh waktu hampir 1 jam untuk menyelesaikannya.
  • Es krim berbentuk sandwich terbesar yang memiliki berat 1,1 ton dibuat oleh Hy-Vee, Inc. pada 27 Februari 1998.

Demikian info tentang Mitos tentang Es Krim dan Faktanya semoga bermanfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.